30 Januari 2009

taman relief | taman tebing



TAMAN TEBING




architectaria.blogspot.com/2008/01/air-terjun...



TAMAN sebagai pelengkap hunian, biasanya disesuaikan dengan selera penghuninya. Salah satunya dengan menerapkan konsep taman relief atau taman tebing. Bagaimana bentuknya?


Material keras (hardscape) menjadi salah satu elemen eksterior yang tidak kalahpenting untuk melengkapi desain sebuah taman. Selain tanaman hijau dan bunga, hardscape dapat menambah estetika taman dengan berbagai macam bentuk dan warnanya. Salah satu hardscape yang dapat menghias taman adalah dengan menghadirkan konsep taman relief atau taman tebing. Taman relief atau taman tebing merupakan taman yang disertai dinding artifisial yang dibentuk sedemikian rupa sehingga menyerupai relief. Lapisan dinding pada taman relief ini berbentuk ceruk-ceruk tebing. "Yang menjadi ciri khasnya memang dinding artifisial yang biasa dijadikan background taman relief," ujar arsitek lanskap YovialinaTaruna.


"Taman relief ini sempat menjadi tren sekitar tahun1980-1990-an. Namun, terlepas dari soal tren, Anda pun dapat mengaplikasikan taman relief atau taman tebing di abad ke-21 ini karena semuanya kembali kepada selera Anda," tutur bapak Triyono direktur PT ROEMAHHIJAU perusahaan jasa yang mengkhususkan pada Pengembangan Taman Tebing Indonesia.


Alasan keterbatasan lahan menjadi faktor untuk memasukkan unsur lingkungan luar (alam) dibawa ke dalam lingkungan rumah. Jadi, rupa dinding artificial yang mirip ceruk tebing menghasilkan pemandangan yang membawa memori Anda pada alam bebas. Untuk lebih menghidupkan taman relief atau taman tebing, bisa disiasati dengan kehadiran air mancur atau kolam ikan dengan background dinding artifisial. "Suara gemericik airdapat menciptakan ritme yang menyegarkan dalam area hunian," kata Nirwono, arsitek yang tergabung dalam Ikatan Arsitek Lanskap Indonesia (IALI).




Soal lokasi dalam area hunian, taman relief ini bisa ada di depan atau belakang rumah. "Yang menarik, taman relief secara keseluruhan dapat menjadi bagian dari suatu ruang. Misalnya area ruang makan di teras belakang dapat dihiasi dengan taman relief pada dry garden," kata Nirwono berbagi tips. Perawatan taman relief pun tidak sulit. "Yang penting harus disikat teratur kalau dibentuk kolam yang dialiri air agar tidak berlumut," saran Yovialina.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar